Rabu, 15 Agustus 2012

Keutamaan puasa Syawal

Keutamaan puasa Syawal

Assalamualaikum Ustaz Yusuf Mansur, Mau tanya mengenai puasa Syawal, dahulunya sejarahnya bagaimana, sehingga Rasulullah menyunahkan umat Islam untuk melakukannya? Dan pahalanya apa?
Terima kasih,


Jawaban

Puasa syawal, sejarahnya sudah dilaksanakan, sejak perintah puasa Ramadan diturunkan, fadhilahnya seperti puasa setahun. Puasa ini mempunyai keutamaan yang sangat istimewa, hal ini dapat dilihat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dari sahabat Abu Ayyub Al Anshoriy, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda "Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim)

Pada hadits ini terdapat dalil tegas tentang dianjurkannya puasa enam hari di bulan Syawal, dan pendapat inilah yang dipilih oleh madzhab Syafi’i, Ahmad dan Abu Daud serta yang sependapat dengan mereka.

Puasa Syawal, Puasa Seperti Setahun Penuh. Hal ini dijelaskan dari Tsauban, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal]." (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil)

0 komentar:

Posting Komentar